MCFC

MCFC

Minggu, 11 Oktober 2015

TUGAS 1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN



TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
SOAL

1.       Dari uraian singkat mengenai definisi informasi yang Anda ketahui kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan managementnya?! Sebutkan dan jelaskan hal tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut!
JAWAB:

Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan.

Definisi Informasi dari beberapa pengertian :
data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti dan bermanfaat bagi manusia (Husein dan Wibowo, 2002) 

adalah data yang telah diolah  dan dianalisa secara formal, dengan cara yang benar dan secara efektif, sehingga hasilnya bisa bermanfaat dalam operasional dana manajemen (Sabarguna, 2003).

data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau di masa mendatang (Davis, 2002).

Berikut beberapa informasi dasar perusahaan :
    Persaingan Dunia, informasi tentang persaingan dunia ini menjadi sangat penting untuk diketahui perusahaan terlebih untuk mengamati bagaimana persaingan ekonomi skala internasional saat ini.
    Pengaruh Ekonomi Internasional, informasi ini dibutuhkan bagi perusahaan untuk mengetahui peluang-peluang ekonomi yang ada dalam skala Internasional sehingga bisa dimanfaatkan menjadi suatu inovasi baru yang menguntungkan.
    Kendala Sosial, informasi ini dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengetahui kendala-kendala dalam skala nasional maupun internasional untuk mengurangi resiko kerugian.
    Kompleksitas Teknologi, persaingan antar perusahaan bukan hanya bagus atau tidaknya perusahaan tersebut tapi juga dari teknologi yang digunakan oleh perusahaan tersebut.

Contoh Perusahaan yang menerapkan system informasi
PT. KAO Indonesia  memiliki beberapa produk yang telah beredar di pasar Indonesia mengamati unsur fisik (penjual, karyawan, pelanggan, dsb) secara langsung. Manajer akan menggunakan tampilan laporan sebagai informasi untuk mengetahui keberadaan perusahaan,untuk meningkatkan penjualan dari perusahaan PT. KAO Indonesia  memanfaatkan teknologi dibidang produksi maupun promosi.

2.       Sebutkan dan jabarkan 5 bentuk sumber yang dikelola oleh seorang management!
JAWAB:

5 sumber yang dikelola oleh management perusahaan :
    
 SDM, manusia merupakan pusat dari kegiatan pengelolaan management karena manusia mampu mengatur, menjalankan serta memberikan informasi untuk mengelola management perusahaan. Yang termasuk SDM adalah karyawan yang bekerja di perusahaan bahan baku yang berasal dari alam yang akan dikelola oleh manusia (karyawan) untuk menjalankan management di perusahaan.
     
SDA, bahan baku merupakan bagian yang akan dikelola oleh manusia untuk menjalankan management di perusahaan.
    
 Teknologi, yang dimaksud teknologi disini adalah mesin. Mesin merupakan alat yang digunakan oleh manusia untuk mengelola bahan baku dalam management di perusahaan.
    
 Keuangan, merupakan hal yang paling kompleks dalam perusahaan. Uang mampu memberikan modal dalam segala bentuk aktivitas perusahaan.
    
 Informasi, merupakan sumber yang menjadi dasar bagi sebuah perusahaan dalam mencapai tujuannya. Informasi dalam suatu perusahaan sangat membantu karyawan atau perusahaan dalam mengelola perkembangan dari perusahaan yang bersangkutan.

3.    Element lingkungan adalah organisasi/individu yang berada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung pada perusahaan. Sebutkan dan jelaskan element-element lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik!
JAWAB:

Lingkuangan sosial
Masyarakat menengah ke bawah yang masih memikir untuk mengunakan pelayanan jasa penerangan dengan alasan ralatif mahal biayanya dan cenderung menggunakan alat transpormasi seperti kereta api, bus dan kapal laut. Sedangkan untuk masyarakat menegah ke atas sebagian besar memilih menggunakan pelayanan jasa pernerbangan mungkin dengan alasan lebih cepat, aman dan nyaman.

Kemajuan Teknologi Informasi
Memudahkan masyarakat atau instansi-instansi pemerintah untuk dapat mengakses dengan cepat melalui internet, untuk dapat meliahat jadwal penerbangan, harga tiket dll.
Internet  yang ada disetiap perusahaan dapat digunakan untuk mengetahui  perkembangan pasar modal, pengiriman,pendistribusian barang maupun jasa  untuk dkelola agar lebih baik.
Telephone : dengan menggunakan alat komunikasi yaitu telephone dalam perusahaan dapat saling terhubung antara perusahaan lainnya atau dengan konsumen

Faximille atau telegram dapat digunakan untuk mengirim dan menerima informasi-informasi yang terkait dengan proses pengolahan data informasi secara manual.

Jaringan komputer kabel atau nirkabel dapat digunakan dalam suatu perusahaan dengan konsumen atau dengan instansi tertentu dalam suatu kerjasama yang baik.

 Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi
http://www.ut.ac.id/html/suplemen/adpu4442/pengertian%20informasi.htm
http://sulistio90.blogspot.com/2011/10/sistim-informasi-manajemen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar