MCFC

MCFC

Rabu, 14 November 2018

Tugas 2 Audit Teknologi Sistem Informasi

Deskripsi Chapter 10 "Selecting, Testing & Audit IT Application"

Saya akan mendeskripsikan, dari e-book yang telah saya baca. Pada e-book itu menjelaskan bahwa IT Aplikasi itu merupakan alat yang membawa nilai untuk sistem komputer. Dijelaskan bahwa aplikasi it ini relatif sederhana sampai dengan yang sangat kompleks. Dibuku itu juga menjelaskan bahwa it yang sedang berkembang dan dipesan oleh vendor pada saat ini yaitu berbasis web, kemudian ada juga yang spreadsheet atau dekstop database. Dijelaskan juga 3 komponen dasar sistem dekstop, yaitu input sistem, program yang digunakan untuk memproses, dan output sistem. Dijelaskan juga Auditor TI yang meninjau masukkan aplikasi kontrol harus selalu mencari elemen kontrol, yang harus ditemukan. Kemudian juga ada Input File dan Database, Database sistem komputer ini adalah metode pengorganisasian data dalam format sedemikian rupa, sehingga elemen penting sangat berhubungan satu dengan yang lainnya. Kebanyakan perusahaan menggunakan sistem database hirarki.

Program, aplikasi-aplikasi diproses melalui serangkaian program komputer mesin. Dijelaskan program komputer itu merupakan seperangkat instruksi yang mencakup setiap detail suatu proses. Arsitektur program komputer yang sering dikembangkan yaitu COBOL. Kemudian ini menjadi keuntungan bagi programmer, karenabanyak perusahaan yang membeli paket perangkat lunak itu. Perangkat Lunak yang Disediakan Vendor, saat ini sebagian besar aplikasi IT dipasok oleh vendor, vendor akan menyediakan elemen sistem dasar, berbasis web, dan fungsi pengembangan TI. Didalam buku itu juga menceritakan tentang Komponen Aplikasi IT Output, kemudia ada juga mengenai Memilih Aplikasi Untuk Tinjauan Audit TI, digunakan cara untuk meninjau aplikasi sesaat setelah implementasi sistem yang sebenarnya. Selanjutnya melakukan kontrol pengendalian aplikasi, kemudian melakukan review walk-through aplikasi. Kemudian diberitahu juga strategi Peninjauan Auditor TI tergantung pada :
1.    Aplikasi utamanya menggunakan komponen perangkat lunak yang ibeli tau dikembangkan dirumah.
2.    Aplikasi terintegrasi dengan orang lain atau merupakan proses yang terpisah.
3.    Menggunakan penyedia layanan berbasis Web, klien-server.
4.    Kontrolnya sebagian besar otomatis atau memerlukan tindakan intervensi manusia yang luas.

Selanjutnya juga ada Clarifying dan pengujian tujuan pengendalian Audit, bagian ini membahas tentang pentingnya menetapkan tujuan sebagai bagian dari tinjauan aplikasi-jenis kontrol IT. Diberitahukan juga IT auditor telah untuk kustom membangun pendekatan review dengan pertimbangan yang diberikan kepada isu-isu ini: tes aplikasi input dan output, Uji transaksi evaluasi, pendekatan lain aplikasi Tinjauan teknik. Kemudian ada mengembangkan tujuan kontrol aplikasi, setelah meninjau dokumentasi dan pengujian kepatuhan berjalan, auditor TI harus mengembangkan tujuan dan prosedur audit rinci untuk menyelesaikan tinjauan aplikasi. Lalu dalam chapter ini membahas mengenai memilih, menguji, dan meng-audit aplikasi, sesuai dengan yang sudah saya deskripsikan yang diambil dari buku tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar