MCFC

MCFC

Kamis, 07 Januari 2016

T4_37114629 ( MULKY PANJI DINIHARI)

TUGAS 4

1)    Sebutkan dan Jelaskan properti system yang memberikan keamanan untuk sebuah system!
Jawab :
Properti Sistem Yang Memberikan Keamanan Sebuah system harus mempunyai tiga property (sifat), yaitu :
·          Integritas, system akan mempunyai integritas bila ia berjalan menurut spesifikasinya. Perancang system berusaha untuk mengembangkan system yang mempunyai integritas fungsional, yaitu kemampuan untuk melanjutkan operasi, apabila salah satu atau lebih dari komponennya tidak berjalan.
·          Audibilitas, ia akan bersifat audible jika ia memiliki visibilitas dan accountability (daya perhitungan). Bila system memiliki audibilitas maka mudah bagi seseorang untuk memeriksa, memverifikasi atau menunjukkan penampilannya.
·          Daya kontrol, daya kontrol memungkinan manajer untuk menangani pengerahan atau penghambatan pengaruh terhadap system. Teknik yang efektif untuk mendapatkan daya kontrol system ini adalah dengan membagi system menjadi subsistem yang menangani transaksi secara terpisah.


2)    Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar daripada komputer yang ada didalam suatu ruangan. Sebut dan jelaskan Area control untuk komunikasi data !
Jawab :
Komunikasi Data (Data Communication) Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer yang ada didalam suatu ruangan. Area kontrol ini terdiri dari:
·          Kontrol pengiriman pesan
·          Kontrol saluran (channel) komunikasi
·          Kontrol penerimaan pesan
·          Rencana pengamanan datacom secara menyeluruh

3)    Prototype dapat memberikan ide bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara sistem berfungsi dalam bentuk lengkapnya. Proses akan menghasilkan prototype (prototyping). Sebutkan dan jelaskan jenis jenis prototype!
Jawab :
1.       Prototype Jenis I
Prototipe jenis I sesungguhnya akan menjadi sistem operasional. Pendekatan ini hanya mungkin jika peralatan prototypingmemungkinkan prototipe memuat semua elemen penting dari sistem baru.
Langkah-langkah pengembangan prototype jenis I adalah sebagai berikut:
a.    Mengidentifikasi kebutuhan pemakai.
b.    Mengembangkan prototipe.
c.    Menentukan apakah prototipe dapat diterima.
d.    Menggunakan prototipe.
2.   Prototype Jenis II
Prototipe jenis II merupakan suatu model yang dapat dibuang yang berfungsi sebagai alat cetak biru bagi sistem operasional. Pendekatan ini dilakukan jika prototipe tersebut hanya dimaksudkan untuk tampilan seperti sistem operasional dan tidak dimaksudkan untuk memuat semua elemen penting.
Tiga langkah pertama dalam pengembangan prototipe jenis II sama seperti untuk prototipe jenis I. Langkah-langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:
a.    Mengkodekan sistem operasional.
b.    Menguji sistem operasional.
c.    Menentukan jika sistem operasional dapat diterima.
d.    Menggunakan sistem operasional.

4)    Sebutkan dan jelaskan sumber daya informasi perusahaan!
Jawab :
·          Hardware
Hardware adalah perangkat keras dan software adalah perangkat lunak. Itu terjemahannya. Tapi bisa juga kita artikan sebagai berikut: Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya.

Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:

a.       Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.

b.       Perangkat keluaran (Output device)
Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.

c.        Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

·          Software
Software / perangkat lunak, secara fisik tidak ada wujudnya. Maka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang. (Yang hanya bisa kita pegang hanya media penyimpannya saja, seperti disket,CD, dsb). Perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisa juga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras. Contoh perangkat lunak: program akuntansi, program MS Office, dsb.
·          Spesialis Informasi
Istilah spesialis informasi digunakan untuk menggambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer, yg terdiri dari :
– Analis Sistem
– Pengelola Database
– Spesialis Jaringan
– Pemakai
– Programmer
– Operator
– Komputer
·         
   Pemakai
Pemakai terdiri dari pemakai awam (end user)  dan administrator sistem:
End User Computing (UEC)  adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh pemakai (user). EUC berkembang karena beberapa alasan yaitu meningkatnya pengetahuan tentang computer, antrian jasa informasi, perangkat keras yang murah, perangkat lunak.
Administrator system:
-Merancang dan melakukan instalasi hardware dan software
-Mendefinisikan dan megidentifikasikan atribut yang digunakan oleh user
-Melakukan dokumentasi konfigurasi system
-Menjaga tingkat keamanan instalasi komputer
-Melakukan tuning kinerja sistem komputer

1.         Fasilitas
Fasilitas adalah prasarana atau wahana untuk melakukan atau mempermudah sesuatu. Fasilitas bisa pula dianggap sebagai suatu alat. fasilitas biasanya dihubungkan dalam pemenuhan suatu prasarana umum yang terdapat dalam suatu perusahaan-perusahaan ataupun organisasi tertentu.

2.         Database
(Database) adalah sekumpulan data yang terintegrasi yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan pemakai untuk keperluan organisasi

3.         Informasi
Jaringan computer dan komunikasi data, Informasi, Seiring dengan berkembangnya teknologi komputer yang memiliki kemampuan proses yang lebih cepat, maka muncul konsep SIM yang menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen disetiap area fungsional dan level aktivitasnya.

5)    Sebutkan dan jelaskan 6 tahap dasar untuk mencapi manajemen mutu!
Jawab :
1.      Mengidentifikasikan Pelanggan Sistem Informasi
·  Komite Pengarah SIM
·  Menerapan Sistem Formal
2.      Mendefinisikan  kebutuhan kualitas Pelanggan
·  Dimensi kualitas produk
·  Dimensi kualitas Jasa
3.      Menetapkan Metrik Kualitas
·  Kualitas Produk Informasi
·  Kualitas Jasa Informasi
4.      Mendefinisikan Strategi Kualitas SI
·  Penerimaan dan pelatihan
·  Pengembangan Sistem berorientasi pemakai
a.  Analisa Pasar
b.  Analisa Penerimaan Produk
c.  Analisa Tugas
d.  Pengujian Protitype
e.  Pengujian Sistem Operasional
5.      Menetapkan Program-program kualitas SI
·  Penerapannya berbeda bagi tiap perusahaan
6.      Memantau kinerja Kualitas SI

·  Memantau kinerja pada spesialis Informasi dan Unit SI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar